contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Terbengkalainya Gedung PPDI di Area Komplek Kelurahan Kotabaru, Baru Akan Direnovasi dengan Anggaran Hanya Rp1,3 Milyar?

Bulan Maret Akhir Tender Revitalisasi / Renovasi Gedung Kantor PPDI Akan Dilempar ke Publik melalui LPSE & Disperkimtan Selaku Instansi Pemkot Terkait

Gedung Kantor PPDI yang terbengkalai lebih dari 3 tahun, sehingga aktivitas para penyandang cacat sementara waktu di kantor Paralympic Kota Bekasi, KONI, GOR Chandrabaga, 

KOTABARU, BksOL - Sebagai wadah organisasi sosial yang menampung para disabilitas untuk bisa eksis di lingkungannya dan menunjukkan prestasi serta kemampuan dalam lingkungan sosialnya, PPDI salah satunya.


PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) DPC Kota Bekasi menjadi sangat penting bagi kesetaraan perlakuan sosial bagi siapapun sebagai warga negara terutama warga masyarakat Kota Bekasi.



Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dibentuk pada tanggal 11 Maret 1987, berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PPDI bersifat non partisan dan terbuka bagi seluruh organisasi sosial penyandang disabilitas, organisasi sosial disabilitas dan organisasi kemasyarakatan penyandang disabilitas tingkat nasional.

Gedung Kantor PPDI DPC Kota Bekasi yang mirip rumah hantu terbengkalai selama beberapa tahun terakhir tak difungsikan akan segerea direnovasi pertengahan 2024 ini.

PPDI adalah payung bagi organisasi sosial penyandang disabilitas, organisasi sosial disabilitas dan organisasi kemasyarakatan penyandang disabilitas sesuai dengan tingkat kedudukannya berfungsi sebagai wadah perjuangan, koordinasi, konsultasi, advokasi dan sosialisasi disabilitas di tingkat nasional dan internasional.

Ketua PPDI DPC Kota Bekasi, Daryanto saat dihubungi lewat whatsapp mengatakan bahwa gedung Kantor DPC PPDI kota Bekasi yang lama berlokasi di area Kelurahan Kotabaru, Bekasi Barat memang takmlayak huni dan sudah tua. Jadi sementara waktu untuk administrasi kerja harian dipindah ke samping GOR (Gedung Olah Raga) Patriot CandraBhaga (PCB) gunakan fasilitas kantor bersama dengan Kantor NPCI.

Sekretaris National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Bekasi, Rahmah buka suara menjelaskan kronologi lengkap penggunaan stadion Patriot Candrabhaga (PCB) untuk kegiatan Pekan Olahraga Penyandang Disabilitas Intelektual. Dirinya menjelaskan pengajuan permohonan tempat pada tanggal 14 Desember oleh Rumah Autis sebagai penyelenggara.

“Proses dari awal pengajuan permohonan tempat aman-aman saja tidak ada kendala. Dan pada H-10 tepatnya tanggal 3 Desember saya konfirmasi ke pihak pengelola masih aman,” ujarnya kepada awak media di The Gade Coffee, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (19/12/2023).

Terlepas dari kesalahpahaman dan jadwal pertandingan yang tumpang tindih antara kegiatan POPDI (Pekan Olahraga Penyandang Disabilitas Intelektual) oleh NPCI dengan Persiapan Pertandingan Bola Liga Tiga, sehingga yang terjadi POPDI dipublikasikan media secara nasional diadakan di emperan PCB, meskipun sebenarnya masih di dalam komplek GOR Patriot Candrabhaga.


Artinya gedung kantor PPDI DPC kota Bekasi maubtak mau harus segera direnovasi agar bisa difungsidayakan kembali dan ketika ada kegiatan serupa tidak terjadi masalah klasik yang sama, mengingat gedung olahraga di Kota Bekasi bukan cuma satu GOR PCB.

Kurangnya koordinasi dannkokunikasi yang intens antara Komisioner Yayasan Autis di bawah DPC PPDI dengan pihak manajamen GOR PCB dan NPCI setidaknya akan lebih baik di masa depan setelah proyek revitalisasi dan renovasi gedung kantor PPDI selesai tahun 2024 ini.


Daryanto penjelaskan bahwa anggaran untuk renovasi gedung kantor PPDI yang luasnya 13 x 7 meter per segi dengan bangunan 2 lantai di area komplek Kantor Kelurahan Kotabaru, sudah disetujui oleh Pemkot dan DPRD Kota Bekasi dan akan ditenderkan di bulan Maret 2024 ini secara terbuka melalui LPSE Pemkot Bekasi.

“Adapun pagu anggaran yang sudah disetujui untuk renovasi adalah sebesar Rp 1,3 Milyar,” ungkap Daryanto kepada BksOL lewat telpon selularnya.

Pihak staf kelurahan Kotabaru yang mengurusi pekerjaan di bidang pembangunan infrastruktur gedung, Raharjo, mengatakan bahwa pihak kelurahan Kotabaru sudah mengetahui akan adanya renovasi gedung di awal tahun 2024 ini.

“Saya dengar demikian bahwa gedung lama PPDI di depan sana akan segera direnovasi akhir bulan Maret atau April mendatang,” terangnya kepada BksOL. [■]

Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
banner