contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Sering Raih Prestasi Nasional, Tapi Fasilitas Disdamkarmat Terabaikan

Segudang Prestasi, Tapi Kondisi Gedung DisDamkarmat Kota Bekasi Memprihatinkan, Padahal Baru Diresmikan Gedung Barunya di Tahun 2023 era Plt Walikota Bekasi

jabar-online.com, Sabtu 2 Maret 2024, 08:40 WIB, INK/AU/SR

KOTA BEKASI, JabarOL - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi yang mengikuti gelaran perlombaan National Firefighter Skill Competition (NFSC) tahun 2024 di Politeknik Penerbangan Surabaya telah berhasil meraih juara umum yang telah diikuti oleh 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Prestasi tersebut merupakan kebanggaan bagi Damkarmat Kota Bekasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Nasional Republik Indonesia ke 105 pada 1 Maret 2024 dan juga HUT Kota Bekasi ke 27 pada 10 Maret 2024 ini.

Baca juga: Pemerintah Pusat Kuatir Hak Angket, Pemkot Bekasi Kuatir Hak Angkot

Namun prestasi kinerja Damkarmat tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan punggawa dalam menjalankan tugas baik dalam pemadaman kebakaran maupun saat bencana bertarung dengan nyawa ketika menjinakkan binatang buas seperti ular, tawon, buaya dan lain-lain.


Begitupun fasilitas gedung Damkarmat Kota Bekasi yang baru diresmikan setahun yang lalu yang berlokasi di Harapan Indah Medan Satria Kota Bekasi, di era pemerintahan Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto.


Kondisi lift gedung yang mati sudah berbulan-bulan dan tembok gedung di beberapa titik seperti di lantai 1 gedung utama sudah retak-retak. Serta kontur ubin yang agak miring.

Seakan hal ini menunjukkan bahwa pengerjaan kontraktor saat itu asal-asalan dan tidak mempertimbangan ketahanan serta kurangnya maintenance pasca proyek setelah selesai dibangun.

Baca juga: Peringatan Hari Pers Nasional 2024, POKJA Humas Kota Bekasi Adakan Diskusi Publik Peran Media dengan Hiburan Musik dan Standup Comedy

Kondisi lift di gedung kantor Disdamkarmat di Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, dengan lift yang tidak bisa beroperasional selama beberapa bulan terakhir, sungguh memprihatinkan.

“Iya begini lah kondisi lift nya mati. Ada air di bawah lift yang mungkin membuat mati karena setiap dikuras datang lagi apalagi kalau hujan deras turun,” ucap Kepala Disdamkarmat Aceng Solahudin beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kritikan Warga soal Halte Baru di Bekasi Senilai Rp 180 Juta/Titik, Sebut Kinerja Dishub Pemkot Bekasi Hasilnya Tak Sebanding dengan Anggaran

Apalagi nanti peringatan HUT Damkarmat ke 105 tingkat Provinsi Jabar, Kota Bekasi akan menjadi tuan rumah termasuk ada jamuan ramah tamah atau gathering di gedung yang dibangun oleh Disperkimtan Kota Bekasi itu.

Baca juga: Pj. Wali Kota Bekasi Sambut Kehadiran Presiden Jokowi Didampingi Erick Thohir, Zulkifli Hasan dan Bey Machmudin, Silaturahmi dengan Peserta Program PNM Mekaar

“Kita akan jadi tuan rumah HUT ke 105 tingkat Provinsi Jabar pada pertengahan Maret ini. Namun yah kondisinya seperti ini,” ujarnya.


“Kita gak tahu apa harus balik lagi ke kantor lama yang di Kayuringin Bekasi Selatan atau seperti apa. Masih menunggu perintah aja. Tapi kalau masih di kantor ini agak riskan melihat kondisi kantor seperti ini,” sambung Aceng.


Sekedar diketahui, pada 1 Maret 2024 ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-105 Damkar Nasional RI. Dalam rangka merayakannya peringatan HUT ke-105 Damkar pada 1 Maret 2024.


Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi yang mengikuti gelaran perlombaan National Firefighter Skill Competition (NFSC) tahun 2024 di Politeknik Penerbangan Surabaya telah berhasil meraih juara umum yang telah diikuti oleh 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Baca juga: Berburu Sensasi Gurih Garing Nasi D' Belanga vs Nasi Guling Bakar Tradisional Khas Bekasi

Kompetisi ini dimulai dari tanggal 27 – 29 Februari 2024 dengan kategori utama yakni Ladder Pitching, Hose Laying dan Survival.

Baca juga: POSYANDU Bungur 1 Yonif 202/Tajimalela Jalankan Program Bina Keluarga Balita & Diresmikan Pj Walikota Bekasi Serta Disaksikan Danyon 202 Tajimalela

Personel perwakilan dari Disdamkarmat Kota Bekasi dalam kompetisi tersebut antara lain; 1. Tim Survival 2. Leader Pitching. 3. Hose Laying.

Aceng mengungkapkan apresiasi tinggi kepada para atlet, pelatih dan para crew yang telah berlatih sangat keras dalam menghadapi perlombaan tingkat nasional ini, dengan membuktikan membawa Juara Umum untuk Kota Bekasi.

Baca juga: API: Kebijakan Pj.Walikota Raden Gani Muhamad Sering Buat Gaduh di Kota Bekasi

“Ini adalah hadiah dari Disdamkarmat untuk Kota Bekasi yang akan berulang tahun ke 27 Tahun, prestasi ini sebagai wujud persembahan kinerja terbaik dari para pegawai,”ujarnya.


Pengumuman pemenang dan penutupan kegiatan dilaksanakan di arena pertandingan yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Grace, Kepala Disdamkarmat Kota Bekasi, Aceng Solahudin dan para dewan juri kontingen NFSC tingkat nasional.

Upacara penganugerahan medali para juara dilaksanakan pada malam di acara gala dinner di Plaza Pemerintah Kota Surabaya, piala kejuaraan kemudian diberikan di Makodam Provinsi Jawa Timur dengan inspektur Upacara oleh Menteri Dalam Negeri RI, M. Tito Karnavian. [■]
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
banner