contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Apakah AMDAL Pembangunan TPA Sumur Batu Bermasalah?

KAWALI Persoal Pembangunan Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah di TPA Sumur Batu

jabar-online.com, Senin 9 Oktober 2023, 09:08 WIB, TimRedaksi

Wildan Azizi, Sekretaris DPD Koalisi Kawali Indonesia Lestari (KAWALI) Kota Bekasi


KOTA BEKASI, jabarOL - Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu nampaknya menjadi perhatian berbagai kalangan. Beragam pembenahan dan penataan pun gencar dilaksanakan di lokasi pembuangan akhir sampah yang terletak di wilayah Kecamatan Bantargebang tersebut.


Baca juga: Pembangunan Instalasi Listrik Tenaga Sampah Bantargebang, Adakah Memiliki AMDAL?

 

Saat ini, Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat sedang merintis pembangunan Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah di TPA Sumur Batu.


Baca juga: Kali Bekasi Tercemar Limbah Berat, Walikota Bekasi, Tri Ardianto Harus Bertanggung Jawab!!!


Menurut Wildan Azizi, Sekretaris DPD Koalisi Kawali Indonesia Lestari (KAWALI) Kota Bekasi pengelolaan sampah yang tercermin dalam program tersebut masih dipertanyakan kesiapan dan proses pemenangan lelangannya, dengan proses waktu yang sesingkat-singakat tanpa seleksi ketat dan baik.


"Lelang ini sudah dimenangkan oleh konsorsium asal China EEI-MHE-HDI-XHE, berdasarkan berita acara hasil evaluasi prasyarat teknis PSEL di Kota Bekasi, Nomor: 42.EV.HPT/PP/ PLTSA.LH/2023," ungkap Wildan dalam keterangan persnya, Senin (9/10/2023).


Menurutnya, mengacu pada mandat pengelolaan sampah, Undang-undang nomor 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah ada di Kabupaten/Kota, baiknya Pemerintah Kota Bekasi berbenah pengolahan dari sumbernya terlebih dahulu, sebagai langkah penguatan managemen pengolahan sampah di wilayahnya.

 

Baca juga: Yuk ikutan Polling ke-2 Mengetahui Siapa Calon Walikota Bekasi 2024?


  Langsung klik link foto berikut:  
Tentukan Walikota pilihan yang Anda kenal untuk kebaikan Kota Bekasi


Wildan Azizi meminta Pemerintah Kota Bekasi membatalkan lelang dan penggunaan teknologi termal/incenerator untuk pemusnahan sampah di TPA Sumur Batu, karena di duga dalam prosesnya terlihat janggal dan kurang hati-hati dalam membuat keputusan.


Sementara itu, Welli Lubis selaku Manager Hukum dan Advokasi Dewan Pimpinan Nasional KAWALI turut menyampaikan bahwa kita ketahui Kota Bekasi hingga saat ini belum memiliki masterplan yang jelas terkait dengan tata kelola pengolahan sampahnya, menilai saat ini pengelolaan sampah di Kota Bekasi masih belum baik dan berkelanjutan dalam tata kelolanya sesuai dengan UU 18/2008.


Selain itu Welli Lubis menyampaikan hati-hati dengan risiko pencemaran udara bila salah dalam memilih teknologi pengolahan sampah.


Baca juga: Walikota Bekasi, Tri Adhianto Bukannya Atasi Limbah Kali Besar Bekasi, Malah Ikuti Fashion Show?


"KAWALI menganggap lelang alat pengolahan sampah yang dilakukan Pemkot Bekasi lalu terlalu cepat dan tidak tepat, karena tidak memperhatikan aspek sosial, lingkungan dan tidak tepat guna dalam pengelolaan sampah di Kota Bekasi. Sekali lagi kami tegaskan, Karena kurang memperhatikan aspek sosial, lingkungan dan tidak tepat guna dalam pengelolaan sampah," ungkapnya.


Baca juga: Yuk ikutan Polling Pertama Mengetahui Siapa Calon Bupati Bekasi 2024 yang Akan Datang?

 

  Langsung klik link foto berikut:  

Tentukan Calon Bupati pilihan Anda untuk kebaikan Kabupaten Bekasi


Welli Lubis menambahkan, Teknologi sistem termal dengan insinerator yang baru saja dilelang dan dimenangkan oleh pihak konsorsium asal China EEI-MHE-HDI-XHE, berdasarkan berita acara hasil evaluasi prasyarat teknis PSEL di Kota Bekasi, nomor 42.EV.HPT/PP/PLTSA.LH/2023.


"Hal tersebut perlu evaluasi dan di tinjau kembali. Salam Hijau, Indonesia Lestari," pungkasnya.


Manager Hukum dan Advokasi Dewan Pimpinan Nasional KAWALI, memberikan nomor Kontaknya, Welli Lubis SH
Manager Hukum dan Advokasi DPN KAWALI dengan nomor HP/WA +6282231956225. [■]


Reportase: TimRedaksi, Editor: DikRizal
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
banner