contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Kondisi Ruas Jalan di Sumedang Kota Rusak Parah


Sumedang,MR—Sejumlah ruas jalan di wilayah Sumedang kota, rusak parah. Kondisi itu, seperti halnya di ruas Jalan Kutamaya dan ruas Jalan Serma Muchtar, Kec. Sumedang Utara.
Kondisi jalannya banyak yang berlubang dan bergelombang. Jika hujan besar, jalan berlubang membentuk kubangan air sehingga jalan menjadi becek.
Kondisi tersebut membahayakan keselamatan para pengguna jalan, terutama para pengendara sepeda motor. Apalagi malam hari, di kedua ruas jalan tersebut gelap sehubungan tidak ada lampu peneranganan jalan umum (PJU).
Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kab. Sumedang, Dr. Ir. Sujatmoko ketika dikonfirmasi melalui telefon, Minggu (3/2), membenarkan kerusakan kedua ruas jalan tersebut.
Kerusakan jalan itu, selain karena umur struktur bangunannya terlampau tua, juga pengaruh banjir yang sering menggenangi badan jalan.
“Banjir yang sering menggenangi badan jalan, akan mempercepat tingkat kerusakannya. Oleh karena itu, selain kedua ruas jalan itu tahun ini akan diperbaiki dengan aspal hotmix, sekaligus akan dibuat drainase (selokan) di sepanjang jalan,” kata Sujatmoko.
Perbaikan ruas Jalan Kutamaya, kata dia, akan dilaksanakan April nanti. Anggarannya sudah disiapkan sebesar Rp 1 miliar. Teknis perbaikannya, beberapa titik jalan berlubang akan ditambal.
Setelah itu, ruas Jalan Kutamaya sepanjang 800 meter akan dilapisi aspal hotmix sekaligus diperlebar. Di pinggir jalannya pun, akan dibuat drainase.
“Pembuatan drainse ini sangat penting, untuk mengalirkan banjir dari jalan sekaligus menampung pembuangan air dari pemukiman warga. Yang terpenting, dengan drainse kualitas jalan akan terjaga. Begitu juga dengan perbaikan ruas Jalan Serma Muchtar. Perbaikannya tahun ini, berbarengan dengan Jalan Kutamaya. Sekarang, masih tahap survey,” ujarnya.
Lebih jauh Sujatmoko menjelaskan, DPU tahun ini sudah memprogramkan kegiatan lastonisasi (pengaspalan hotmix) dan drainase di semua ruas jalan di wilayah Sumedang kota. Pasalnya, dari ruas jalan di wilayah Sumedang kota sebanyak 30 ruas, 57 persen diantaranya kondisinya rusak.
“Kami sengaja memprogramkan itu, supaya kondisi jalan di wilayah Sumedang kota lalucir (licin/bagus). Kondisi jalan yang bagus, akan lebih memperindah wajah Sumedang kota sebagai ibu kota Kab. Sumedang,” ujarnya. (MULYANA)
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
banner