contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Dihadiri Capres Anies Baswedan, Din Syamsudin ke Massa Aksi Bela Palestina di Monas: Aspirasi Politik Ditahan Dulu

Lebih dari 1,5 juta Massa Penuhi Lapangan Monas, Jakarta Pusat berdatangan sejak Shubuh dari Istiqlal

jabar-online.com, Ahad 5 November 2023, 09:26 WIB

Capres Anies Baswedan hadir disambut ketua PA 212, dimana tak ada capres lain yang hadir kecuali paslon capres cawapres Anies Baswedan dan Cak Imin, Ahad 5/11/2023

MONAS JAKARTA, JabarOL - Acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina ini diketahui turut dihadiri calon presiden atau capres Anies Baswedan.
Anies Baswedan turut hadir dalam aksi bela Palestina di Monas, Jakarta. Anies dalam orasinya menyerukan kemerdekaan Palestina.

"Kita di sini untuk membela Palestina. Betul? Kita berkumpul di sebuah lapangan yang bukan namanya lapangan Monas, ini namanya Medan Merdeka menandai kemerdekaan yang kita raih lewat perjuangan. Jadi kita bicara soal Palestina, SETUJU?" seru Anies mengawali orasinya, di Monas, Minggu (5/11/2023).

Anies kemudian mengajak massa aksi mengikat syal berbendera Palestina dan Indonesia diikat di pergelangan tangan kanan. Anies mengajak untuk mengepalkan tangan kanan lalu direkam.

"Tangan kiri pegang HP nyalakan kameranya, kita kumpul di sini untuk berpesan pada dunia, kita ingin dunia melihat dari negeri paling timur dikirimkan fajar kebangkitan Palestina," kata Anies.


Bakal calon presiden Anies Baswedan bersama sejumlah tokoh nasional menyuarakan Free Palestine dalam Aksi Bela Palestina di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu pagi, 5 November 2023.(KOMPAS TV)

"Ikatkan syal itu di lengan tangan kanan, rekam dan kemudian kirimkan ke seluruh social media biarkan dunia menyaksikan dari lapangan Medan Merdeka dikirimkan pesan kemerdekaan ke Palestina," lanjut dia.

Sebelumnya, sejumlah tokoh turut hadir dalam aksi bela Palestina di Monas, termasuk tiga menteri Presiden Jokowi, yakni Menko PMK Muhadjir Effendy, Menlu Retno Marsudi, dan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Muhadjir dalam orasinya menekankan pemerintah Indonesia akan mendukung Palestina sampai merdeka.

"Saya hadir mewakili pemerintah Indonesia ditugaskan Bapak Jokowi, bertiga, tidak main-main, Menko PMK, Menteri Agama, dan Menteri Luar Negeri. Artinya kita jangan ragu dengan sikap pemerintah Indonesia kita akan dukung Palestina sampai Palestina merdeka," ucapnya.

"Saya mengajak semuanya agar manfaat salawat bisa memperkuat doa-doa kita, terutama yang 2 juta hadir di Monas ini agar dikabulkan Allah segera," katanya.

Tampak Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR, M. Hidayat Nur Wahid, Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin

Selain Anies juga turut hadir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Ketua MPR M. Hidayat Nur Wahid, Jazilul Fawaid, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin meminta massa Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Gambir, Jakarta Pusat menahan ekspresi politiknya. Sebab acara ini digelar semata-mata demi memberi dukungan kepada Rakyat Palestina.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda 28/10/2023 Mahasiswa Islam Aksi Demo Bela Palestina di depannKesubes AS Jakarta Pusat

"Saya minta tunjukkanlah kebersamaan berpegang teguh pada etika dan akhlak mulia untuk saling menghargai saling bertenggangrasa," kata Din Syamsudin di Monas Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

“Saya minta aspirasi politik baik terhadap partai politik maupun pasangan capres-cawapres disimpan dahulu, ditahan dahulu. Tidak perlu ada ekspresi apapun kecuali yang positif,” tambahnya.

Din Syamsudin menyebut Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina diikuti oleh elemen komponen bangsa dan lintas agama. Mereka merupakan orang-orang yang menurutya cinta damai.

"Aksi hari ini adalah aksi besar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina adalah bentuk kebersamaan kita seluruh elemen dan komponen bangsa Indonesia yang cinta damai," katanya.

Din Syamsudin lantas mengungkapkan bahwasanya membela kemerdekaan Palestina merupakan amanat Undang-Undang Dasar atau UUD 1945.

"Ini lah bangsa Indonesia yang cinta damai, umat beragama yang akhlak mulia kita telah dinyatakan dalam pernyataan tadi, membela Palestina pertama dan utama sesuai amanat pembukaan UUD untuk mewujudkan perdamaian abadi dan menghilangkan penjajahan di muka bumi," ungkapnya.[■]

Reporter: TimRedaksi, Redaktur: DikRizal
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
banner